Skip to main content

Cara Menghilangkan Mata Ikan

   Mata ikan atau dalam istilah medis disebut dengan clavus disebabkan oleh virus Human Papillomavirus (HPV). Penyakit mata ikan ini pada umumnya tumbuh pada kulit permukaan kaki, tumit, jari-jari kaki, telapak dan jari-jari tangan.
  Gejala-gejala yang ditimbulkan yaitu ditandai dengan penebalan dan pengerasan kulit. Sebenarnya penyakit ini tidak berbahaya cuma akan merusak penampilan seseorang dan terkadang menyebabkan rasa nyeri yang sangat mengganggu.

1.    Penyebab Penyakit Mata Ikan
a.    Kaos Kaki
     Salah satu penyebab terjadinya penyakit mata ikan pada kaki yaitu tidak menggunakan kaos kaki pada saat menggunakan alas kaki. Hal ini akan membuat gesekan antara kulit kaki dengan sepatu dan jika terlalu sering dapat menyebabkan munculnya penyakit mata ikan.

b.    Alas Kaki yang Sempit
   Penggunaan alas kaki atau sepatu yang tertutup bisa menyebabkan penyakit mata ikan yang dikarenakan oleh alas kaki yang sempit (tidak sesuai ukuran kaki) maka dampaknya akan menyebabkan penekanan dan gesekan pada kulit. Dan dengan menggunakan jenis alasa kaki tersebut akan mengakibatkan penebalan pada kulit kaki karena upaya dari tubuh secara alami untuk melindungi tubuh. Selain itu, penggunaan sepatu yang terlalu besar juga dapat menimbulkan penyakit mata ikan dikarenakan gesekan akan lebih sering terjadi, sehingga pada bagian kaki akan memiliki mata ikan.

2.    Ciri-ciri Penyakit Mata Ikan
·       Adanya area kulit yang terasa tebal dan kasar.
·      Muncul benjolan yang membesar dan mengeras.
·    Pada bagian kulit yang sudah mengeras, akan menimbulkan rasa nyeri dan seperti tertusuk-tusuk di dalam benjolan tersebut.
·      Kulit terlihat bersisik, kering, atau berminyak.

3.    Cara Mencegah Penyakit Mata Ikan
· Gunakan sepatu dengan ukuran yang pas. Sebab tidak akan menyebabkan gesekan dan juga penekanan berlebihan pada kulit.
·     Selalu memperhatikan kebersihan kulit terutama pada kaki yang tertutup agar tidak ada infeksi yang menyebabkan bau kaki atau mata ikan.

Sumber : http://penyakitmataikan.com/


      Setelah mengetahui apa itu mata ikan dan penyebab munculnya mata ikan, saya akan berbagi pengalaman untuk Anda yang ingin menghilangkan mata iklan secara permanent tanpa harus melakukan operasi.
    Saat itu saya merasa sangat terganggu jika sedang berjalan. Pada bagian jempol kaki adalah salah satu penopang kita ketika sedang berdiri. Saat itu saya tidak terlalu menghiraukan rasa sakit itu karena saya rasa akan hilang dengan sendirinya. Setelah berbulan-bulan saya membiarkannya, wujud dari mata ikan di jempol kaki saya mulai terlihat seperti bersisik dan berlubang. Mendengar kata ‘bersisik’ apalagi ‘berlubang’ muncul pada bagian kulit akan membuat seseorang merasa geli dan jijik.
      Saya bertanya kepada teman saya (dokter) bagaimana cara agar menghilangkan mata ikan di kaki. Beliau menjawab dengan dua pilihan, yang pertama beliau menyarankan untuk dipotong (operasi) dan yang kedua menggunakan obat khusus kutil/mata ikan (callusol). Lalu keesokkan harinya saya membeli obat khusus itu di Apotek terdekat. Dengan rutin saya menggunakannya sesuai anjuran yang sudah tertera pada kemasan obat tersebut. Dalam dua minggu pemakaian, Alhamdulillah mata ikan di kaki saya sudah tidak ada.


Berikut penampakan mata ikan sebelum diobati



Cara Menggunakan Callusol

Langkah Pertama
Teteskan cairan ke bagian mata ikan (1 tetes saja), setelah itu diamkan beberapa detik.




Langkah Kedua
Langkah selanjutnya, tutup mata ikan yang sudah ditetesi callusol menggunakan Hansaplast. Posisikan bagian tengah Hansaplast dengan mata ikan. Penggunaan Callusol ini sebaiknya pada malam hari saat tidak melakukan aktivitas agar obatnya bekerja dengan maksimal.





Langkah Ketiga
Pada pagi hari segera buka Hansaplast dan bersihkan mata ikan menggunakan kain yang bersih dan lembut dengan air hangat.




Cepat atau lamanya proses penyembuhan tergantung dari ketebalan kulit mata ikan dan penggunaan dari obat tersebut.

Dalam waktu 7 hari pemakaian rutin, maka akan terlihat seperti ini, mata ikan mulai mengelupas.



Bisa juga kita tarik dengan perlahan hingga mata ikan tidak lagi menempel pada kulit,



Memang kulit akan menjadi bolong, tetapi ini hanya sementara. Setelah 1 minggu mata ikan terkelupas, maka kulit yang tadinya bolong perlahan akan tersamarkan dan kembali seperti biasanya.




Setelah kejadian ini, mari kita lebih memperhatikan kebersihan kulit kita agar terhindar dari segala macam penyakit kulit yang tidak diharapkan. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda yang sedang mencari solusi untuk penyembuhan mata ikan.

Comments

Popular posts from this blog

Macam Macam Seafood

Seafood adalah bahan makanan yang berasal dari laut. Makanan ini banyak mengadung kolestrol yang sangat tinggi, sehingga tidak semua orang dapat menikmati makanan laut ini. Banyak orang yang berpikir dua kali untuk mengkonsumsi makanan ini mengingat kandungan kolesterol yang sangat tinggi yang terdapat di  beberapa bahan makanan seafood. Banyak yang berpikir dua kali untuk mengkonsumsi bahan makanan laut ini, tetapi banyak juga yang senang mengkonsumsinya. Karena ternyata makanan laut ini juga mempunyai manfaat yang sangat besar untuk kesehatan tubuh. Banyak gizi yang terkandung didalamnya. Manfaat seafood untuk kesehatan : Mengandung omega-3 asam lemak tak jenuh ganda. Mengandung asam eicosapentaenoic (EPA) dan asam docosahexaenoic (DHA)   yang  baik bagi tubuh. Mencegah osteoporosis. Memiliki sifat tekanan rendah, jadi baik dikonsumsi oleh penderita hipertensi. Membantu untuk mengurangi berat badan. Dianjurkan untuk menyantap seafood sekali atau dua kali dalam seming

Diksar Anggota IMPALA SMAN 15 MEDAN

Hari Senin Tanggal 22 Maret 2010 yang kami tunggu-tunggu telah tiba. Akhirnya anak-anak impala bisa juga mengadakan diksar. Awalnya kami tidak mendapat persetujuan mendaki dari Kepsek SMA N 15 MDN, tetapi karena senior tidak ingin mengecewakan kami, akhirnya kami tetap menjalankan diksar tersebut walaupun 3 orang di antara kami harus mengalah untuk tidak mengikuti diksar. Huft. Baru di awal perjalanan, aku sudah tidak sanggup melanjutkaan pendakian. Tetapi karena aku masih mempunyai semangat untuk mendapatkan penghargaan walaupun hanya 1 kain biasa, Aku melanjutkannya dengan penuh semangat. Banyak hal yang kami lakukan sewaktu camping. Tetapi kami kesal juga kepada para senior yang telah mengambil makanan pribadi kami. Apalagi 1 permen, coklat, sikat n odol gigi di satukan dalam 9 orang angkatan kami. Aneh" saja lah pemikiran mereka. Tetapi kami tidak sekesal itu, kami tetap menganggap mereka sebagai senior kami yang paling kejam. hehehe... Gak lah, yang palin